7 Hal Sederhana Agar Otak Dan Pikiran Tetap Prima

Tidak hanya tubuh yang harus dijaga agar tetap prima, namun otak juga pikiran harus dijaga pula agar tetap dalam keadaan prima. Dengan otak dan pikiran yang prima, kita akan dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah juga dapat menemukan berbagai ide cermelang, sangat berbeda jika keadaan otak atau pikiran sedang kacau, hal yang sangat sepele pun kadang sangat sulit untuk kita pecahkan dan selesaikan.

Keadaan otak dan pikiran yang prima sangat dibutuhkan para mereka yang bekerja didalam bidang akuntansi, atau perhitungan lainnya. Karena disitulah otak manusia akan bekerja keras. Ini juga terjadi pada para anak-anak di bangku sekolah, untuk dapat mudah menerima pelajaran mereka harus membutuhkan pikiran yang prima. Untuk mendapatkan pikiran prima sebenarnya bukanlah hal yang sulit, anda hanya perlu melakukan berbagai hal sederhana yang cukup mudah. Kalau kemarin kita sudah membahas kebiasaan yang membuat kita cerdas, sekarang kita akan membahas hal sederhana agar otak dan pikiran tetap prima. Berikut 7 hal sederhana agar otak dan pikiran tetap prima.

1. Rajin bangun pagi dan jangan begadang

Perlu anda ketahui salah satu penyebab lemahnya konsesntrasi adalah karena kurang tidur. Anda seorang pelajar atau pekerja kantoran jika sedang menyelesaikan tugas, cukuplah sampai jam 9 malam saja, karena jika terlalu malam akan mengakibatkan buruknya produkfitas dan kinerjamu diesuk harinya. Manusia normalnya tidur sehari 7-8 jam, baiknya anda tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, karena dipagi hari otak  dalam keadaan segar dan andapun akan mendapatkan hari anda dengan fokus dan produktifitas yang maksimal, dan ketajaman otakmu akan tetap optimal sepanjang hari.

2. Rajin olah raga

Olah raga selain menjadikan tubuh sehat dan prima namun juga dapat mempertajam pemikiran kita, kebutuhan olah raga sangatlah penting, usahakanlah anda berolah raga minimal seminggu 2 kali.

3. Asupan makanan sehat

Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh terhadap kinerja otakmu. Jadi agar kemampuan berfikirmu tetap prima, anda harus membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sehat dan bergizi tak perlu yang mahal-mahal. Anda hanya perlu banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

4. Jangan terlalu lama nonton TV

Masih ingatkah ketika kita masih duduk disekolah dasar, orang tua sering mengingatkan kita agar jangan sering-sering nonto tv, hal ini beralasan karena berdasarkan penelitian terlalu lama nonton tv akan menyebabkan kinerja otakmu menjadi lemah. Menonton tv memang terkadang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi atau sekedar hiburan, namun jika itu berlangsung terlalu lama, akan membuat otakmu menganggur selama kamu menonton tv, hal ini sangatlah merugikan, karena seharusnya anda bisa menggukan waktu anda untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Terlalu lama menonton tv juga akan membuat matamu kelelahan terpapar cahaya dari layar televisi. Jadi jika tidak penting-penting banget hindarilah nonton tv, anda bisa mengganti kebosanan anda dengan mendengarkan lagu atau membaca buku ataupun jalan-jalan.

5. Biasakan membaca

Biasakanlah diri anda membaca, entah tulisan dalam kereta dalam bus dalam bus, atau dalam buku koran, majalah atau lainya. Karena dengan membaca akan membuat otak kita terus bekerja dan kita juga akan mendapatkan informasi-informasi baru.

Bacalah buku-buku tentang ilmiah-ilmiah yang sangat menantang untuk dibaca. Bacaan seperti ini akan cepat merangsang otak anda bekerja ekstra karena setiap kata kalimat atau paragrafnya sulit dipahami dan butuh membaca berkali-kali untuk memahaminya. Dengan begitu otakmu akan terbiasa dengan hal-hal yang sulit dipahami dan terlatih untuk berfikir.

6. Memperkuat rasa ingin tahu

Semua orang pasti memiliki rasa ingin tahu, namun kebanyakan orang tidak mau tahu, bisa dicontohkan Anda penasaran terhadap sesuatu, tapi anda tak pernah mau mencari tahu apa sesuatu itu. Hal ini lah yeng membuat otak menjadi lemah. Anda harus memperkuat rasa ingin tahu anda, jika anda penasaran terhadap sesuatu anda harus cari tahu jawaban rasa penasaran anda dengan bertanya kepada orang yang anda anggap mengerti.

7. Jangan manjakan otakmu

Apa maksutnya jangan manjakan otakmu?? maksudnya adalah anda jangan terlalu sering memanjakan otak anda dengan menggunakan kalkulator GPS atau alat bantu lainnya. Tahukan anda, kalkulator diciptakan untuk membantu manusia dalam perhitungan namun, jika anda sering menggukannya maka akan membuat kemampuan berhitung anda menjadi lemah, ini juga akan berdampak pada kinerja otak juga pemikiran anda, tak hanya dalam perhitungan saja namun dalam hal lainnya anda juga akan kesulitan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi yang akan anda hadapi kelak.

Demikian 7 hal sederhana yang bisa menjadikan otak dan pikiran anda tetap prima. Sudahkan anda melakukan hal-hal tersebut, jika belum sesegeralah lakukan ke 7 hal tersebut. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef