6 Tips Berbicara Di Depan Umum

Berbicara didepan umum atau diatas panggung bukanlah perkara yang mudah, diperlukan keberanian dan percaya diri yang tinggi. Kebanyakan orang akan mundur selum maju, karena melihat banyaknya penonton atau mungkin setelah mendengar pembicara lain yang bisa tampil memuaskan. Untuk berbicara di depan orang banyak anda harus memiliki keterampilan dalam mengusai bahasa dan komunikasi yang baik agar apa yang anda bicara terasa hidup dan tidak kaku. Untuk mengatasi itu semua saya akan memberikan tips untuk berbicara didepan umum. Berikut tips tersebut.

1. Latihan

Tips yang pertama tentunya adalah latihan, bagaimana anda bisa tampil baik bila tanpa latihan. Latihan sangatlah penting, apalagi jika anda adalah orang yang pemalu, latihan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Anda bisa mencoba latihan didepan cermin atau di depan anggota keluarga anda atau teman-teman anda, dan mintalah pendapat mereka tentang penampilan anda tersebut.

2. Kuasai materi

Pada point 2 ini juga sangat penting, yaitu kuasai materi. Untuk bisa tampil maksimal anda diharuskan mengusai materi yang akan anda biscarakan diatas panggung. Pelajari terlebih dahulu segala sesuatu yang berkaitan dengan topik yang ingin anda bicarakan. Seorang pembicara harus paham betul dengan topik yang dibicarakan, dan bersiap pula untuk menghadapi berbagai pertanyaan yang akan ditujukan ke anda. Sealin itu dengan menguasai materi akan meningkatkan kepercayaan diri anda, para pendengarpun  akan merasa puas mendengar pembicaraan anda.

3. Jangan tegang

Anda sudah melakukan latihan. anda sudah menguasai materi, Namun itu tak akan berarti jika disaat waktu anda tampil anda tegang, gugup, dan grogi, itu akan menghancurkan semuanya, apa yang sudah anda latih dan pelajari bisa lupa dengan seketika. Anda bisa mengatasi ketengangan anda dengan cara menganggap tak ada penonton, anda hanya berbicara sendiri didepan cermin. Hiruplah udara  dan tahan sebentar lalu keluarkan secara perlahan, hal ini juga bisa mengurangi rasa ketengangan

4. Bayangkan

Selama proses latihan anda bayangkan anda sedang berada di atas panggung dengan banyak penonton, baayngkan posisi anda ketika berbicara, gaya bahasa apa yang akan digunakan, bagaimana anda berinteraksi dengan audien, dan bayangkan pula respon mereka terhadap apa yang anda sampaikan, dengan begitu anda akan lebih siap menghadapi segala sesuatu yang akan terjadi selama di atas panggung.

5. Senyum

Senyum juga merukapan hal terpenting dalam berbicara di depan umum. Senyum akan mengapresiasi para pendengar anda, apapun yang akan anda sampaikan baiknya anda jangan lupa untuk senyum, terutama di bagian awal pembicaraan.

6. Kontak mata

Anda juga harus memperhatikan ini, kontak mata juga penting, pandangan anda jangan hanya tertuju pada satu titik atau teks yang anda bawa. Anda juga diharuskan melihat para audien yang mendengarkan anda. Dengan adanya kontak mata dengan audiean, audien akan merasa diperhatikan dan mereka pun akan focus mendengarkan apa yang anda sampaikan.

Demikian tips berbicara didepan umum, semoga tips tersebut menginspirasi anda yang akan tamil di atas panggung, bagi anda yang ingin presentasi, atau dalam acara lainnya. Anda harus percaya diri pada ridi anda sendiri. Terimakasih.

Baca juga:

1. 8 rahasia meningkatkan percaya diri
2. Dampak negatif akibat sering menggukanan headsead ditelinga
3. 5 hal yang membuat kebahagiaanmu tertunda
4. 7 tips mengetahui kebohongan
5. 7 tips ampuh melawan kebencian
6. 6 tips berbicara didepan umum

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef