6 Negara Yang Terancam Tenggelam

Pemanasan global atau sering juga disebut dengan istilah Global Warming sudah mulai kita rasakan, dimana-mana kita merasakan panas. Daerah pegunungan yang dulu terasa sejuk dan dingin sekarang sudah menjadi panas. Dampak dari pemasana global ini sudah kita rasakan, dalam waktu belakangan ini perubahan iklim dan bencana-bencana alam sering terjadi dimana-mana.  Menurut penelitian spritual, penyebab utama dari pemanasan global adalah proses siklus yang terjadi di alam semesta dari waktu ke waktu. Dampak yang kita rasakan sekarang ini hanyalah awal dari permulaan fase destruktif yang meningkatkan intensitasnya dalam waktu 5-10 tahun ke depan.

Dampak buruk dari pemanasan global ini memang sudah benar-benar kita rasakan. Jika tidak ada kesadaran dari manusia untuk menjaga bumi ini dari kerusakan bukan tidak mungkin beberapa pulau atau negara akan tenggelam dalam waktu beberapa tahun kedepan. Kenaikan air laut sudah sangat terlihat jelas. Berikut 6 negara yang terancam tenggelam.

1. Kiribati

Negara Kiribati terletak di Oceania, dengan penduduk sekitar 105 ribu orang dan terdiri dari 33 pulau kecil. Negara Kiribati diprekdisi akan menjadi negara yang pertama tenggelam. Presiden Kiribati, Anote Tong, telah membeli lahan dikepulauan Fiji untuk mengungsi. Bahkan presiden Anote Tong meminta bantuan kepada negara Selandia baru untuk meminta tempat sebagai pengungsian warganya. Negara Kiribati adalah negara yang paling rendah menyumbang polusi karbon, namun dampak dari pemanasan global berdampak paling parah dinegara ini.

2. Maladewa

Maladewa adalah negara kedua yang terancam tenggelam. Negara ini terletak di sebelah barat daya Srilangka, samudra Hindia. Maladewa memiliki permukaan tanah yang cukup rendah yaitu sekitar 1,5 m diatas permukaan laut dan saat ini sekitar 1.990 pulau kecil dan karang mulai terendam. Presiden Maladewa, Mohamed Nasheed, berencana memindahkan negara dan 350 ribu warganya ke Australia karena Maladewa sulit dipertahankan  seiring semakin menjadinya pemanasan global yang mengakibatkan naiknya air laut.

3. Ghoramara

Negara yang terletak di selatan India ini juga terancam tenggelam akibat pemanasan global yang mengakibatkan mencairnya es di Pegunungan Himalaya. Hal ini membuat permukaan air di dareah teluk Bengal naik drastis setiap tahunya. Sejak tahun 1969, pulau ini mulai tenggelam dan mencapai dua pertiganya di tahun 2006. Saat ini sudah lebih dari 7.000 warganya diungsikan.

4. Shishmaref

Daratan dipesisir Shismaref mulai menghilang disapu ombak karena naiknya permukaan air laut. Banyak es yang mencair juga membuat tambah parahnya struktur tanah yang semakin tidak stabil hingga banyak rumah rusak. Perubahan ikli disana juga menyebabkan badai makin dasyat yang menyebabkan erosi yang memakan daratan sekitar 38 meter. Walaupun sudah dibangun tembok untuk menahan air laut, namun teteap saja daerah ini kehilangan daratan sekitar 3,3 meter setiap tahunnya.


5. Tuvalu

Pemerintahan Tuvalu sudah mulai meminta bantuan Australia untuk mengungsikan 12 ribu penduduknya. Keadaan Tuvalu sudah sangat memprihatinkan, pulau-pulau besar disana sudah terendam air hingga setengahnya dan pulau-pulau kecil sudah tenggelam. Titik tertinggi di Negara Tuvalu hanyalah sekitar 4,5 meter dari permukaan air laut. Lima atau sepuluh tahun lagi mungkin negara ini akan tenggelam.

6. Indonesia

Waoooo, Negara tercinta kita Indonesia ternyata juga masuk dalam daftar negara yang terancam tenggelam. Menurut badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan Dan Perikanan, sejak tahun 2005 Indonesia sudah kehilangan 24 pulau karena tenggelam. Hal ini akan diperparah jika tidak ada perbaikan lingkungan bukan tidak mungkin negara kita akan kehilangan sekitar 2000 pulau.  Pulau Bali yang menjadi aset berharga negara kitapun tak lupun dari ancaman tenggelam. Bahkan Jakarta yang menjadi ibukota negarapun Sudah diprekdisi bakal tenggelam sebelum tahun 2050 jika tidak ada perbaikan lingkungan.

Demikianlah 6 negara yang terancam tenggelam. Semua itu adalah akibat kesalahan manusia sendiri yang tidak bisa menjaga alam ini dengan baik. Mulailah dari sekarang untuk lebih menjaga alam dari ancaman pemanasan global dengan cara banyaklah menanam pohon dan dangan menebang pohon sembarangan, Jangan membuat polusi udara, jangan mengotori lingkungan dan jangan melakukan hal-hal yang bisa merusak alam. Semoga informasi diatas memberikan manfaat untuk anda dan terimakasih

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef