5 Sebab Remaja Mengalami Depresi

Tak hanya orang dewasa saja yang mengalami depresi, anak remaja yang masih duduk dibangku sekolah juga sering mengalami depresi. Hal ini pastinya sangat menggangu dan membahayakan bagi mereka yang mengalaminya. Karena dengan keadaan depresi mereka bisa berbuat apa saja tanpa memikirkan akibat yang bakal terjadi, tak sedikit pula karena depresi banyak orang melakukan bunuh diri. Hal ini pasti tidak anda atau anak anda inginkan, maka dari itu anda harus mengenali apa saja penyebab depresi. Berikut beberapa sebab anak remaja deprei.

1. Stres akademik

Anak usia remaja pasti masih duduk di bangku sekolah, anak yang mungkin mempunyai IQ cukup rendah akan mengalami tekanan akademik, seperti mendapatkan nilai buruk atau sulitnya menerima pelajaran, dan hal ini akan diperparah lagi jika teman-temannya mendapatkan nilai bagus, dan dengan mudah menguasai pelajaran yang diajarkan gurunya, dalam keadaan seperti ini si anak akan mengalami yang nama depresi.

2. Masalah cinta

Anak remaja tak pernah lepas dengan yang namanya cinta. Hal ini juga bisa menyebabkan depresi, saat dia putus cinta, atau bahkan cintanya ditolak, si anak ini akan mengalami depresi berat, dan hal yang paling ditakutkan adalah dia bisa melakukan apa saja tanpa pemikiran terlebih dahulu, terkadang si anak ini akan melakukan hal-hal nekat untuk mendapatkan perhatian orang yang dia cintai.

3. Harga diri rendah

Pada usia remaja sering kali terjadi ejekan atau cemo'ohan para teman-temannya, sering kali para temannya memanggilnya denga panggilan yang dia tidak sukai, bagi anak yang mudah tersinggung hal ini akan mengakibatkan dia depresi, karean harga dirinya telah direndahkan oleh teman-temannya.

4. Sosial

Tidak hanya orang dewasa saja yang mencemaskan status sosial, anak remajapun kerap mencemaskan hal ini, seperti popularitas dan kebutuhan untuk diterima teman-temannya. Jika anak ini mempunyai tipe ambisi dan apa yang dia inginkan sperti popularitas dan banyak teman tidak dia dapatkan maka dia akan mengalami depresi.

5. Merasa diabaikan

Anak remaja sangat memerlukan yang namanya perhatian, dukungan dan bimbingan. Kurangnya perhatian baik fisik maupun emosional dapat menyebabkan anak remaja depresi.

Itulah 5 penyebab anak remaja depresi. Anda sebagai orang tua harus memberikan perhatian terhadap anak anda, jika seandainya dia mengalami depresi, dia tidak akan merasa sendirian karena ada orang tua yang memperhatikannya, hal ini juga bisa mencegah si anak melakukan tindakan bodoh dan nekat. Semoga informasi diatas memberikan manfaat untuk anda dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef