5 Pusaka Legenda Asli Indonesia

Di indonesia memiliki beberapa pusaka yang sangat populer dan melegenda, hal ini disebabkan karena sejarah pusaka tersebut. Pada jaman dahulu di indonesia banyak berdiri berbagai kerajaan kerajaan, mulai dari kerajan hindu-budha hingga kerajaan islam. Banyak pertarungan dan perperangan yang dulu terjadi diindonesia, berbagai kerajaan saling bersebut wilayah dan berbagai pusakapun dibuat untuk mempersenjatai mereka. Beberapa pusaka tersebut ada yang melegenda dikarenakan kehebatannya pada masa dulu. Berikut 5 pusaka yang sangat melegenda tersebut.

1. Keris empu gandring

Orang Indonesia siapa yang tidak mengenal sosok empu gandring, sempu gandring adalah orang yang sangat sakti pada jaman dulu. Keris ini memiliki sejarah berdirinya kerajaan singasari. Kerajaan singasari adalah kerajaan yang bertempat dikota malang. Ken arok orang yang memesan keris ini kepada empu gandring. Ken arok meminta empu gandring untuk membuatkan keris dalam waktu semalam. Berkat kesaktiannya tersebut keris tersebut berhasil diselesaikannya dalam waktu satu malam dan memiliki kesaktian yang luar biasa. Namun ken arok yang memesan keris tersebut mengguanakn keris tersebut untuk membunuh empu gandring. Sebelum empu gandring terbunuh dia sempat mengucapkan bahwa keris tersebut akan membunug keluarga ken arok dan raja dari kerajaan singasari. Dan ucapan empu gandring tersebut menjadi kenyataan.

2. Keris Pusaka Nagasasra dan sabuk inten

Kedua pusaka ini adalah peninggalan kerajaan majapahit, keris nagasasra ini terbuat dari bilah yang diberi emas dan nama  nagasasra diberikan karena memiliki dapur yang berjumlah tiga belas luk. Keris ini dirancang oleh raja sendiri yang banyak menggunakan emas. Pembuat keris ini adalah empu ki nom.

3. Keris Kyai Cindong campur

Keris ini juga termasuk peninggalan kerajaan majapahit yang cukup melegenda. Keris ini dibuat dengan seratus empu yang mempunyai watak jahat. Munculnya keris ini juga menhisahkan peperangan antara keris sabuk inten yang merasa terganggu dengan adanya keris condong campur ini, yang akhirnya keris sabuk inten berhasik dikalahkan. Keris sangkelat pun merasa tertekan hingga akhirnya melawan keris condong campur dan hasilnya keris condong campur berhasil dikalahkan dan melesat ke angkasa berupa komet dan akan turun kembali 500 tahun untuk membuat kerusakan.

4. Keris Setan Kober

Keris ini dibuat oleh murit sunan ampel yaitu empu supo. dia adalah pembuat keris yang terkenal seperti keris Kyai sangkelat yang dibuatnya pada awal kerajaan demak bintor, dan diwariskan kepada arya penangsang. Keris setan kober memiliki hawa panas yang akan membuat orang yang memegangnya akan gampang marah dan emosi. Begitu juga arya pemegang keris ini, memiliki sifat pemarah, keris ini digunakan untuk melawan sutawija yang memiliki senjata tombak kyai pleret. Dibalik semua itu keampuhan keris tersebut belum diketahui kenapa memiliki hawa pemarah ketiga digunakan.

5. Keris kyai senkelat

Awal mula keris ini adalah ketika sunan Ampel sedang bermunajat dan menemukan besi yang dipercaya hasil peninggalan nabi Muhammad. Lalu besi tersebut diberikan kepada muritnya yaitu empu supa untuk dijadikan pedang, namun empu supo menjadikan besi tersebut menjadi keris berlekuk 13. Kemudian keris tersebut diserahkan kepada sunan Ampel namun sunan ampel tidak mau menerimanya, dikarenakan sunan Ampel kecewa, beliau menginginkan besi tersebut dibuat pedang uka keris. Kemudian keris tersebut diberikan kepada prabu brawijaya v.

Karena kehebatan keris tersebut membuat adipati blambangan menyuruh pasukannya untuk mencuri keris sakti tersebut dan akhirnya berhasil. Namun keris tersebut berhasil di rebut kembali oleh empu supa tanpa perlawanan atas perintah prabu brawijaya.

Demikianlah informasi tentang pusaka asli indonesai yang sangat melegenda tersebut. Semoga informasi diatas menambah wawasan anda dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef