5 Gedung Tertinggi Didunia

Disaat ini sudah banyak sekali dibangun gedung-gedung pencakar langit. Di negara-negara maju banyak sekali kita temukan berbagai gedung yang menjulang tinggi hingga puluhan bahka rattusan meter. Namun gedung tertinggi di dunia sampai saat ini masih di duduki oleh gedung Burj Khalifa.  Gedung yang terletak di Uni Emirat Arab ini memiliki tinggi 828 meter. Mungkin beberapa tahun kedepan peringkat gedung ini akan tergeser jika pembangunan gedung Kingdom Tower di Saudi Arabia yang direncanakan dengan tinggi 100 meter dan juga Sky City  dengan tinggi 838 meter. Selain Burj Khalifa ada juga beberapa gedung tertinggi dunia. Berikut 5 Gedung tertinggi dunia.

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa sendiri diambil dari bahasa arab yang artinya dalam bahasa inggris adalah "Khalifa Tower", dikenal sebagai Burj Dubai sebelumnya. Bangunan pencakar langit tertinggi di Dubai Uni Emirat Arab ini mempunyai tinggi 829,8 meter. Dalam langkah yang mengejutkan pada acara pembukaannya, menara ini dinamakan Burj Khalifa, dikatan untuk menghormati Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahyan atas dukungan pentingnya.

Burj Khalifa dapat menampung sekitar 35.000 orang dalam waktu bersamaan. Dengan juml;ah total 57 lift dan 8 eskalator. Lift dengan kapasitas 12 hingga 14 orang per kabin, tercepat naik turun hingga 10 m/ detik. Doble-deck lift dilengkapi dengan fitr hiduran seperti layar LCD untuk melayani pengunjung selama perjalanan mereka  ke dek observasi. Burj Khalifa juga memiliki 2.909 anak tangga  dari lantai dasar hingga lantai 160, dari 163 lantai.

2. Abraj Al-Bait Towers

Gedung ini terletak di Arab Saudi dikompleks bangunan Mekkah, Bangunan ini disebut juga Menara Mecca Royal Hotel Clock. Menara ini merupakan proyek raja Abdul Aziz yang berusaha memodernisasi kota suci dalam melayani para jamaah haji. Kompleks ini memegang beberapa rekor dunia, yaitu menara jam tertinggi didunia, wajah jam terbesar didunia dan banguan dengan luas lantai terbesar didunia.

Bangunan ini menjadi gedung tertinggi didunia setelah Burj Khalifa di Uni Emirat Arab. Letaknya pun di sebelah Masjidil Haram, yaitu tempat suci orang islam. Strukturenya telah melampaui Dubai International Airport dengan memiliki luas lantai terbesar dari setiap struktur didunia dengan 1.500.000 m persegi dari Floorspace dengan memiliki total 120 lantai.

3. Taipe 101

Taipe di Taiwan sebelumnya dikenal sebagai Taipei Word Finance Center, Gedung pencakar langit landamark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipe, Taiwan mempunyai tinggi 509 meter. Gedung ini sebelumnya menjadi gedung tertinggi sedunia sebelum Burj Khalifa resmi dibuka. Taipe 101 memiliki lantai 101 lantai diatas tanah dan 5 lantai di bawah tanah. Bangunan ini dibuat sebagai simbol dari evolusi tegnologi dan tradisi asia.

4. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center adalah gedung pencakar langit yang terletak di Shanghai tepatnya di Distrik Pudong. Gedung ini mempunyai berbagai penggunaan seperti Kantor, hotel, ruang konfrensi, deck observasi, dan pusat pembelanjaan. Gedung ini memiliki 101 lantai dengan tinggi mencapai 492 meter.

5. International Commerce Centre

International Commerce Centre mempunyai 118 lantai dengan ketinggian mencapai 484 meter. Gedung ini merupakan bagian dari proyek Union Square yang dibangun di atas Kowloon Station dan selesai pada tahun 2010. Saat ini gedung International Commerce Centre menempati urutan kelima sebagai gedung tertinggi didunia, serta bangunan tertinggi di Hongkong.


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef