5 Bahaya Akibat Kebiasaan Menggigit Kuku

Semua orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, adakalanya kebiasaan itu baik dan adakalanya pula kebiasaan itu buruk. Kebiasaan tersebut antara lain, sering membaca sambil tidur, kebiasan tidak sarapan pagi, kebiasaan memotong rambut sendiri, kebiasaan menggeleng-gelengkan kepala, kebiasaan menggigit kuku, kebiasaan menghisap jempol, dan beberapa kebiasaan lainnya. Namun beberapa kebiasan tersebut akan hilang seiring tumbuhnya seseorang menjadi dewasa, namun adapula kebiasaan yang terbawa hingga anda dewasa dan sulit untuk dihilangkan. Jika kebiasaan tersebut berdampak baik tak masalah, namun jika kebiasaan tersebut berdampak buruk, terutama bagi kesehatan orang itu sendiri itu yang berbahaya, seperti kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku tidak hanya dilakukan oleh anak-anak namun sering kali dilakukan juga oleh orang dewasa. Kebiasaan menggigit kuku merupakan kebiasaan yang berbahaya bagi kesehatan orang tersebut. Kenapa berbahaya? Karena kebiasaan tersebut akan menimbulkan beberapa penyakit. Berikut 5 ahaya akibat kebiasaan menggigit kuku.

1. Menurunkan kualitas kesehatan

Kebiasaan menggigit kuku akan menurunkan kesehatan, hal ini telah diteliti dan menunjukan bahwa sekitar 20%-30% orang yang mempunyai kebiasaan menggigit kuku, memiliki kualitas kesehatan yang rendah, dibanding mereka yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Efek dari kebiasaan tersebut akan akan membuat mereka rentan sakit karena masuknya bekteri dan masalah kesehatan lainnya.

2. Bakteri

Kebiasaan menggigit kuku juga akan menjadi jalan masuknya bakteri ke tubuh anda, walaupun anda sering mencuci tangan, namun ini bukan jaminan, karena bakteri akan terus berkembang, dan menyebar kemana-mana termasuk tangan dan kuku anda. Penelitia menunjukan bahwa kuku biasanya menyimpan bakteri dan kuman dua kali lebih banyak dibandingkan dengan permukaan tangan. Sehingga ketika kita menggigit kuku, bakteri akan masuk kemulut anda melalui kuku dan bisa menimbulkan penyakit berbahaya.

3. Timbul kutil

Ada sebuah virus yang rentan mengenai oranf yang suka menggigit kukunya, yaitu virus Human papillomavirus (HPV). Hasilnya akan muncul disekitar kuku anda, jika anda memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka virus tersebut akan menyebar ke mulut dan juga bibit anda.

4. Infeksi Kuku

Kebiasaan menggigit kuku tentunya akan berakibat luka atau lecet pada kuku atau bagian kulit disekitar kuku. Hal ini akan memberikan tempat baru bagi bakteri, ragi dan mikroorganisme lainnya. Merka yang memiliki kebiasaan menggigit kuku biasanya terkena paronychia yaitu infeksi kulit disekitar kuku yang menyakitkan.

5. Masalah gigi

Akibat bahaya terahir adalah masalah pada gigi. Karena kebiasaan menggigit kuku akan membuat gigi anda bergeser ke posisi yang salah, dan lama-kelamaan bisa menjadi kropos. Kebiasaan mengigik kuku juga bisa merusak susuan gigi sehingga susunan gigi atas dan bawah tidak lagi selaras.

Demikianlah 5 bahaya akibat kebiasaan menggigit kuku. Setelah anda mengetahui bahaya tersebut baiknya anda hilangkan kebiasaan menggigit kuku. Walaupun terlihat sangat sederhana, namun kebiasaan menggigit kuku membahayakan kesehatan anda. Semoga informasi diatas bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga:


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef