4 Dampak Buruk Tidur Setelah Makan

Kebanyakan kita bila sudah makan kekenyangan pastinya ngantuk dan ingin tidur, namun ternya ini berbahaya, kenapa berbahaya? Karena langsung tidur setelah makan akan berdampak buruk pada tubuh kita. Banyak orang tua menasehati,  "Jangan langsung tidur setelah makan". Hal ini sangat masuk akal karena bahaya yang akn ditimbulkan tidur setelah makan cukup besar. Bahaya apa sajakah itu. Berikut beberapa dampak buruk tidur stelah makan.

1. Rasa panas di dada

Dada akan terasa panas dikarenakan saat tubuh sedang sitirahat atau tidur, sistem pencernaan justru akan bekerja lebih keras, dibanding saat beraktivitas. Tidur setelah makan bisa mengakibatkan kadar gula asam lambung dan memicu sakit maag. Terkadang juga bisa menimbulkan rsa panas diperut, dada dan tenggorokan.

2. Tenggorokan terasa terbakar

Terjadinya refluks asam yaitu tidak menutupnya katup antara perut dan kerongkongan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk menjalar ke tenggorokan dan menyebabkan rasa terbakar pada tenggorokan.

3. Stroke

Dampak paling bahaya tidur setelah makan yaitu serangan struke, sebuah penelitian dilakukan bahwa perilaku tidur setalah makan dapat meningkatkan resiko kita mengalami serangan stroke. Refluks asam yang terjadi bila kita segera tidur setelah makan mungkin meningkatkan terjadi apnea tidur atau nafas terhenti salama tidur yang bisa menyebabkan serangan stroke. Stroke juga bisa disebabkan oleh kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

4. Mengakibatkan Gemuk

Dampak berikutnya yaitu mengakibatkan gemuk, Bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau dalam melakukan program diet, Anda harus menghindari tidur setelah makan. Hal ini dikarenakan penumpukan lemak dalam tubuh menjadi lebih banyak. Jadi seandainya anda lapar dimalam hari anda cukup mengemil cemilan sehat saja, seperti buah-buahan atau makanan ringan lainnya.

Demikian dampak buruk tidur setelah makan, setelah anda tahu akan dampak buruk tersebut, apakah anda akan tetap melakukan tidur setelah makan??? Bila anda sayang pada tubuh anda sendiri tentunya tidak kan. Semoga informasi diatas memberikan manfaat untuk anda semua dan terimakasih.

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

wdcfawqafwef